Posted by : ade irma Woensdag, 27 Maart 2013

Pengertian dan Sejarah Microsoft Access

Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapsa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007.
Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.
Sejarah Ms Access
Akses versi 1.0 dirilis pada 13 November 1992, segera diikutiMei 1993 oleh 1,1 Akses untuk meningkatkan kompatibilitas dengan produk Microsoft lain dan termasuk bahasa pemrogram Akses Dasar.
Microsoft menentukan spesifikasi minimum persyaratan perangkat keras untuk akses v2.0: Microsoft Windows v3.1 dengan 4 MB RAM yang dibutuhkan, 6 MB RAM direkomendasikan; 8 MB yang tersedia hard disk space yang dibutuhkan, 14 MB hard disk space direkomendasikan. Produk ini dikirim pada tujuh disket 1,44 MB manual menunjukkan tanggal hak cipta 1993.
Awalnya, perangkat lunak bekerja dengan baik dengan database yang relatif kecil tapi terdapat beberapa kondisi menyebabkan korupsi data . Sebagai contoh, file ukuran lebih dari 10 MB yang bermasalah (perlu diketahui bahwa sebagian besar hard disk lebih kecil dari 500 MB pada saat ini digunakan lebar), dan manual yang dibawanya memperingatkan bahwa beberapa keadaan di mana usang driver perangkat atau konfigurasi yang tidak benar menyebabkan kehilangan data .
Dengan keluar pentahapan Windows 95, 98 dan ME, peningkatan kehandalan jaringan, dan Microsoft telah merilis 8 paket layanan untuk Jet Database Engine , keandalan akses database telah jauh lebih baik baik dalam ukuran dan jumlah pengguna.
Dengan Office 95, Microsoft (Akses 7,0 alias "Akses 95") menjadi bagian dari Microsoft Office Professional Suite bergabung dengan Microsoft Excel, Word, dan PowerPoint dan transisi dari Access Basic ke Visual Basic for Applications (VBA). Sejak itu, ada rilis dari Microsoft Access dengan setiap rilis kantor. Hal ini termasuk akses 97 (versi 8.0), Access. 2000 (versi 9,0), Access 2002 (versi 10.0), Access 2003 (versi 11.5), dan akses 2007 (versi 12,0).
Akses database format asli (Jet DB Database) juga telah berevolusi selama bertahun-tahun. Format termasuk akses 1.0, 1.1, 2.0, 7.0, 97, 2000, 2002, dan 2007. Yang paling signifikan adalah transisi dari Access 97 ke format 2000 Akses; yang tidak kompatibel dengan versi sebelumnya Access. Pada saat penulisan ini, semua versi baru mendukung akses Access 2000 format. Fitur-fitur baru yang ditambahkan ke Access 2002 format yang dapat digunakan oleh Access 2002, 2003 2007, dan 2010.
Pada Access 2007, sebuah format database baru diperkenalkan: ACCDB . ACCDB kompleks ini mendukung tipe data seperti multivalue dan bidang lampiran. Jenis bidang baru pada dasarnya Recordset di bidang dan memungkinkan penyimpanan beberapa nilai dalam satu lapangan.
Sebelum pengenalan Akses, pasar desktop database didominasi oleh Borland dengan mereka Paradox dan dBase program, dan FoxPro . Microsoft Access adalah pasar massal pertama program database untuk Windows. Dengan pembelian FoxPro dan menggabungkan Rushmore nya permintaan optimasi rutinitas ke Access, Microsoft Access database dengan cepat menjadi dominan untuk Windows efektif menghilangkan persaingan yang gagal transisi dari MS-DOS dunia. Nama kode akses awal adalah Cirrus, mesin bentuk disebut Ruby. Ini terjadi sebelum Visual Basic - Bill Gates melihat purwarupa dan memutuskan bahwa BASIC komponen bahasa harus dikembangkan secara bersama-sama sebagai sebuah aplikasi terpisah tapi dapat diperluas, sebuah proyek bernama Thunder.
Akses juga nama sebuah program komunikasi dari Microsoft, dimaksudkan untuk bersaing dengan ProComm dan program lainnya. Hal ini terbukti gagal dan menjatuhkan. Bertahun-tahun kemudian, Microsoft digunakan kembali nama untuk perusahaan perangkat lunak database . Kedua proyek tersebut dikembangkan secara terpisah sebagai mesin pembuat form yang tidak cocok satu sama lain, namun, ini digabungkan bersama-sama lagi setelah VBA .

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ADEIRMA - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -